globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Ini Lima Poin UU Pemilu Parlemen dan Presiden

RUU Penyelenggaraan Pemilu telah disahkan menjadi UU lewat paripurna DPR. Undang-undang tersebut akan menjadi dasar bagi pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang. Setidaknya ada 5 isu krusial di UU Pemilu yang sempat menjadi perdebatan di DPR.

Berikut lima isu tersebut :

  1. Presidential Threshold: 20-25 Persen

    Presidential threshold adalah ambang batas bagi partai politik atau gabungan partai politik untuk pengajuan presiden atau wakil presiden. Presidential threshold 20-25% maksudnya adalah parpol atau gabungan parpol harus memiliki 20 persen jumlah kursi di DPR dan/atau 25 persen suara sah nasional di Pemilu sebelumnya.

    2. Parliamentary Threshold: 4 Persen

    Parliamentary threshold adalah ambang batas perolehan suara partai politik untuk bisa masuk ke parlemen. Ini berarti parpol minimal harus mendapat 4 persen suara untuk kadernya bisa duduk sebagai anggota dewan.

    3. Sistem Pemilu: Terbuka

    Sistem proporsional terbuka berarti di kertas suara terpampang nama caleg selain nama partai. Pemilih juga bisa mencoblos langsung nama caleg yang diinginkan.

    4. Dapil Magnitude: 3-10

    Dapil magnitude atau alokasi kursi per dapil yakni rentang jumlah kursi anggota DPR di setiap daerah pemilihan. Berdasarkan Pasal 22 ayat (2) UU Nomor 8/2012 disebutkan jumlah kursi di setiap dapil anggota DPR paling sedikit 3 kursi dan paling banyak 10 kursi.

  2. Metode Konversi Suara: Sainte Lague Murni

    Metode konversi suara mempengaruhi jumlah kursi setiap parpol yang lolos ke DPR. Metode sainte lague murni menerapkan bilangan pembagi suara berangka ganjil seperti, 1, 3, 5, 7, 9, dan seterusnya. Metode sainte lague ini dalam melakukan penghitungan suara bersifat proporsional yaitu tidak ada pembedaan dan tidak memihak apakah itu partai kecil ataupun partai besar. (dtk/fik)

Comments

comments

Check Also

Pemkot Disarankan Buat Perda Ormas Anti Pancasila

Kementerian Dalam Negeri memastikan peraturan daerah untuk melarang organisasi kemasyarakatan yang disinyalir berlawanan dengan Pancasila …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *